Kamis, 15 Agustus 2024

Nggolek Mushola, Refleksi Kemerdekaan RI Ke 79

Sering ya dengan mudahnya kita bilang "wes sholat sak tekane". Maksudnya sesampainya dimana waktu sholat, disitu kita cari mushola atau masjid. Nah, hal semacam itu tidak bisa dengan mudahnya kita lakukan di negara minoritas muslim seperti China.

Keberadaan masjid benar-benar sangat langka. Maka saat bertemu masjid sebesar ini rasanya adem sekali. Memang jika dibandingkan dengan masjid Agung Kabupaten di Jawa Tengah, masjid ini juga lebih kecil. Namun ini masjid terbesar di Propinsi Hainan, China.

Oh ya masjid ini baru saja dipugar. Tadinya terdapat beberapa kubah, lalu diubah menjadi bentuk seperti pagoda yang dianggap sesuai budaya China. 

Perlukan Indonesia semacam itu ? 

Indonesia adalah sebuah negara sekaligus bangsa yang membangun jati dirinya sendiri. Tidak banyak negara yang bisa menyatukan masyarakatnya dengan keanekaragaman seperti Indonesia. 

Pecahnya Uni Soviet, juga Eropa menjadi berbagai negara kecil membuktikan sulitnya bersatu. Bahkan negara Arab juga demikian. Sementara China berhasil dengan memaksakan budaya suku terbesarnya untuk digunakan oleh suku lain.

Maka di Indonesia kita temukan ribuan Pura di pulau Bali. Juga gereja di Indonesia Timur. Bahkan di Temanggung misalnya tempat saya tinggal, lebih banyak ditemukan gereja saat lewat jalan utama dibandingkan masjid atau mushola yang sebagian besar berada di dalam perumahan.

Bahkan hari libur yang ditetapkan pemerintah justru hari Minggu, bukan Jumat yang merupakan hari terpenting umat Islam sebagai pemeluk agama mayoritas. Hal semacam ini sudah cukup untuk dilanjutkan, tidak perlu diperdebatkan kembali. Itulah hebatnya Indonesia yang mempersatukan. Tentu saja gesekan kecil kadang terjadi didalam. Namun dengan segera dapat diselesaikan.

Yakinlah, nilai-nilai luhur yang berhasil mempersatukan tidak perlu diubah. Jika tidak menginginkan konflik horisontal kembali berlangsung. Indonesia Hebat, akan semakin hebat dengan jati diri terbaiknya. Kita bahagia dengan cara kita sendiri. Merdeka.

Hainan, China, 16 Agustus 2024

Oleh : 

M Anantiyo Widodo 

Direktur BeningAti Institute


 

Tags :

bm

anantiyo

Pencari Inspirasi

Hikmah atau inspirasi adalah kekayaan yang menghidupkan akal, memperkuat insting kebijakan, dan mengkaryakan bakat .

  • anantiyo
  • M Anantiyo Widodo
  • anantiyo_widodo
  • anantiyo.widodo@gmail.com
  • Anantiyo Widodo

Posting Komentar